Kontraktor ACP atau dikenal juga sebagai kontraktor aluminium biasanya bekerja untuk proyek pembangunan, baik yang berskala kecil untuk perumahan maupun skala besar seperti gedung bertingkat. Lingkup pekerjaannya difokuskan pada pemasangan dalam konstruksi dan renovasi. Selain itu, kontraktor di bidang ini bertugas sebagai pemasok aluminium dalam berbagai bentuk.

Mengenal kontraktor ACP dan perannya

Anda yang belum terlalu akrab dengan bidang konstruksi mungkin bertanya-tanya, apa itu ACP?

ACP merupakan akronim dari Aluminium Composite Panel, yakni salah satu jenis material bangunan yang biasanya dipakai untuk menutup dinding, plafon, dan eksterior. Dalam komposisinya, ACP terdiri atas materi inti dengan lapisan aluminium pada kedua sisi yang di-press untuk membentuk kesatuan.

Berdasarkan pemakaian, ACP dibagi menjadi dua bagian besar, yakni dalam ruangan dan luar ruangan. Oleh karena itu, masing-masing ACP mempunyai ketebalan lapisan dan finishing coating berbeda mengikuti karakter bagian bangunan.

Mengenal tipe hingga kualitas ACP hanyalah beberapa tugas yang harus dikuasai kontraktor aluminium. Di samping itu, mereka juga harus berpengalaman dalam menangani pekerjaannya secara profesional. Hal ini mencakup membangun hubungan yang baik dengan klien baru maupun yang sempat terlibat pada proyek-proyek sebelumnya.

Kontraktor yang mengurus pasokan dan pemasangan ACP harus diakui secara legal oleh hukum, entah lewat izin usaha maupun lisensi. Dengan demikian, kontraktor ACP Bandung & Cimahi dapat menjalankan pekerjaannya sesuai prosedur.

Kriteria yang dimiliki kontraktor ACP terpercaya

Untuk memudahkan pencarian kontraktor aluminium, ada kriteria khusus yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan. Dengan jobdesc yang berisiko, seseorang yang berprofesi sebagai kontraktor tentu bukan tipe yang ceroboh. Adapun kriteria yang harus mereka miliki, antara lain:

  1. Menguasai bidang konstruksi dan aluminium

Syarat utama yang wajib dimiliki kontraktor aluminium adalah menguasai bidang konstruksi dan aluminium sebagai material bangunan. Hal tersebut mencakup tugas pokok, fungsi dan spesialisasi untuk memakai alumunium. Kontraktor yang paham akan mudah mengaplikasikan aluminium dalam proyek konstruksi maupun menambahkannya sebagai ornamen interior dan eksterior.

Kontraktor sendiri mempunyai basis pengadaan material sekaligus pemasangan dalam macam-macam aplikasi bangunan. Beberapa di antaranya adalah kaca spider, curtain wall, kusen aluminium, kaca tempered, dan lain sebagainya.

  1. Memenuhi kebutuhan di bidang aluminium

Ketika membutuhkan layanan jasa, Anda pasti akan memastikan pihak penyedia mampu memenuhi kebutuhan, bukan? Hal ini terjadi juga pada konsumen yang memerlukan kontraktor aluminium. Mereka akan memastikan kontraktor yang bersangkutan kompeten dalam memasang aluminium sebagai komponen utama maupun dekorasi bangunan.

Sebagai konsumen, Anda sebaiknya menentukan dulu gaya konstruksi yang dibutuhkan dan tampilan yang dikehendaki. Mengerucutkan keperluan akan mempercepat pencarian hingga mempertemukan Anda dengan kontraktor yang sesuai.

  1. Kesesuaian dalam harga, material, dan pengerjaan

Tak dipungkiri bila harga pasang ACP bakal menjadi hal yang dipertimbangkan matang-matang oleh konsumen. Anda pastinya ingin mendapatkan kontraktor berpengalaman dengan harga terjangkau. Di sisi lain, ada faktor-faktor selain harga yang mempengaruhi kualitas akhir, salah duanya adalah material dan proses pengerjaan.

Produk berkualitas rendah akan meningkatkan peluang kegagalan dari segi transaksi hingga layanan lain yang diberikan kontraktor. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, pastikan kontraktor yang bersangkutan menyediakan kontrak kerja yang valid.

  1. Pengalaman dan profesionalitas yang bisa diandalkan

Maraknya kontraktor aluminium yang menawarkan jasa dari skala kecil hingga besar semestinya memudahkan Anda menentukan penyedia yang tepat, bukan? Namun, Anda harus hati-hati karena tak semua kontraktor aluminium berpengalaman. Sebelum menjatuhkan pilihan, periksa reputasi dan track record mereka sebagai kontraktor.

Kontraktor yang punya jam terbang tinggi tahu cara memasarkan diri mereka. Misalnya dengan membuat website dan media sosial yang menampilkan portofolio. Feedback dari konsumen atau klien kontraktor adalah faktor lain yang dapat Anda andalkan untuk meriset profil mereka.

Jika Anda cermat, empat kriteria di atas sudah cukup untuk membantu menemukan kontraktor aluminium yang dibutuhkan. Langkah lain yang bisa dilakukan untuk meyakinkan diri adalah bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah memakai jasa pemasangan ACP Bandung & Cimahi.